Sunday, July 22, 2012

Manfaat Lari Atau Jogging

Inilah salah satu rahasia panjang umur yang relatif mudah dilakukan dan murah. Ya, rutinlah melakukan lari santai atau jogging setidaknya dua atau tiga kali dalam seminggu. Menurut hasil kajian para ilmuwan, resep sederhana ini dapat memperpanjang usia dan harapan hidup setidaknya hingga enam tahun.


Seperti yang dilaporkan para ilmuwan Denmark, pria atau wanita yang melakukan jogging secara rutin mengalami penambahan rata-rata harapan hidup antara lima hingga enam tahun. Manfaat paling besar dari jogging, kata peneliti, akan diperoleh seseorang bila melakukannya dengan kecepatan lambat atau santai, dan cukup untuk membuat nafas sedikit terengah-engah. Bukannya berlari dengan kecepatan tinggi yang memaksa tubuh bekerja keras.

"Hasil riset kami dengan jelas menjawab apakah jogging bermanfaat untuk kesehatan Anda. Kami bisa mengatakan bahwa jogging secara teratur memperpanjang umur. Kabar baiknya adalah Anda tak perlu melakukannya terlalu keras untuk mendapatkan manfaatnya," ungkap pakar kesehatan jantung Denmark, Dr Peter Schnohr, yang melibatkan 2.000 pria dan wanita dalam studinya.

Riset tentang jogging yang dilakukan Schnohr merupakan bagian dari penelitian bertajuk Copenhagen City Heart Study.  Riset ini memantau 20.000 pria dan wanita Denmark berusia 20 hingga 93 tahun sejak  1976.

Tim yang dipimpin Dr Schnohr meneliti rata-rata tingkat kematian di antara 1.116 pria dan 762 wanita yang rajin melakukan  jogging selama sekitar 35 tahun. Partisipan juga ditanya berapa lama waktu yang dihabiskan untuk jogging setiap minggu, apakah mereka berlari dengan lamban, sedang atau cepat.

Dibandingkan kelompok yang tak pernah jogging, risiko kematian baik pada pria maupun wanita yang rutin jogging menurun hingga 44 persen. Data menunjukkan, dengan mempertimbangkan  faktor usia, jogging dapat meningkatkan harapan hidup pria hingga 6,2 tahun lebih panjang dan pada wanita 5,6 tahun lebih panjang.

Menurut para peneliti, paling ideal jogging dilakukan selama satu hingga  2,5 jam dalam satu sesi dengan kecepatan sedang. Dalam seminggu, jogging juga sebaiknya dilakukan antara dua hingga tiga kali.Sumber
Title: Manfaat Lari Atau Jogging; Written by rumputhijau; Rating: 5 dari 5