Thursday, October 25, 2012

Bahan Alami Yang Bermanfaat Mengatasi Diabetes

Diabetes Melitus merupakan penyakit mematikan ketiga setelah penyakit jantung dan kanker menurut Badan Kesehatan Dunia. Penderita diabetes pada umumnya sering mengalami gangguan hormon insulin yang disebabkan karena tidak berfungsinya organ pankreas dalam tubuh. Rendahnya hormon insulin pada tubuh menyebabkan tidak terkontrolnya kadar gula dalam darah. Efeknya adalah akan semakin tingginya kadar gula dalam darah karena pola makan yang kurang sehat. Tingginya kadar gula dalam darah disebabkan karena tidak bekerja hormon insulin yang mampu mengubah makanan menjadi energy.


Seperti yang kita tahu, sebagian besar makanan yang kita konsumsi mengandung kadar gula yang tinggi sehingga sangat rentan untuk terkena  penyakit diabetes melitus jika organ pankreas penghasil hormon insulin tidak berfungsi dengan baik. Peyakit diabetes akan semakin parah jika penderita diabetes tersebut sudah mengalami komplikasi penyakit seperti serangan jantung, kebutaan, dan gagal ginjal. Jika kadar gula dalam darah bisa dikurangi secara signifikan bahkan sudah mendekati standard normal maka komplikasi penyakit-penyakit di atas juga bisa dicegah.

Gejala penyakit diabetes melitus :
-Dehidrasi
-Rasa haus terus-menerus
-Peningkatan frekuensi kencing
-Kelelahan
-Penurunan berat badan
-Gangguan penglihatan
-Penyembuhan luka yang lama

Faktor-faktor yang menyebabkan penyakit diabetes melitus :
-Kebiasaan merokok
-Stress
-Berat badan tidak seimbang(obesitas)
-Tekanan darah yang tinggi
-Kadar kolesterol yang tinggi
-Sering mengkomsumsi makanan instan
-Kerusakan pada sel pankreas
-Terlalu banyak mengkomsumsi karbohidrat
-Angka trigiliserida (salah satu jenis lemak dalam darah) yang tinggi

Salah satu pengobatan  untuk mengatasi penyakit diabetes melitus secara medis bisa dilakukan dengan pemberian suntikan insulin secara rutin untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Tentu pengobatan medis ini akan sangat memerlukan dana yang sangat banyak untuk supply insulin yang nantinya akan disuntikan ke dalam tubuh. Akan sangat memprihatinkan jika penderita  penyakit diabetes melitus adalah mereka yang notabene adalah orang yang kurang mampu secara ekonomi. Jalan satu-satunya adalah pasrah terhadap penyakit yang mematikan ini. Namun sebenarnya ada banyak cara mengobati diabetes dengan memanfaatkan bahan makanan yang ada disekitar kita yang bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk penyakit diabetes. Tidak mahal harganya dan bahlan kita bisa menanam obat-obat alami tersebut di pekarangan rumah kita. Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa diajdikan sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit diabetes.

Pare (Momordica Charantia)
Siapa yang tidak kenal dengan pare? hampir masyarakat Indonesia mengenal jenis tanaman yang biasa dijadikan sebagai sayur untuk dikonsumsi dehari-hari. Bentuk pare yang lonjong dan permukaan yang tidak halus ini terkadang membuat sebagian besar orang yang melihatnya kuran begitu suka. Terlebih lagi dengan rasanya yang pahit akan menimbulkan rasa ketidaksukaan pada jenis tanaman ini. Akan tetapi siapa yang menyangka ternyata pare mempunyai khasiat yang sangat hebat untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Karena manfaatnya yang besar inilah sekarang tanaman pare sudah banyak dibudidayakan di negara-negara Asia, Amerika Selatan, dan afrika. Tanaman pare mengandung zat steroid saponin yang sangat familiar dengan zat charantin dan peptide yang mempunyai senyawa mirip dengan hormon insulin. Senyawa yang menyerupai senyawa hormon insulin ini aktif dalam meningkatkan regeneresai sel, berkontribusi besar dalam menyimnpan glikogen dalam hati, dan merangsang sekresi hormon insulin dalam pankreas. Baiknya fungsi pankreas dalam menghasilkan hormon insulin akibat sering mengkonsumsi pare secara otomatis akan menormalkan kadar gula dalam darah. Dan penurunan kadar gula pada darah akan sangat baik sekali bagi pasien penderita diabetes tipe 2. Bagiaman cara mengkonsumsi pare agar lebih berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit diabetes? caranya sangat mudah. Lumatkan pare hingga seperti jus kemudian minumlah jus pare tersebut. Kita hanya perlu mengkonsumsi jus pare dalam jumlah yang sedikit saja. Setengah gelas belimbing adalah porsi yang pas untuk konsumsi sehari-hari.  Jangan terlalu banyak mengkonsumsi jus pare dalam porsi yang banyak karena akan menyebabkan sakit perut dan diare. Minumlah jus pare secukupnya.

Brotowali (Tinaspora Crispa)
Mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari brotowoli merupakan salah satu cara mengobati diabetes secara alami dan efektif. Brotowali adalah salah satu jenis obat herbal yang bisa berfungsi untuk mengobati penyakit diabetes melitus. Berdasarkan hasil penelitian, tanaman brotowali memiliki senyawa tinokrisposid aktif yang berkhasiat untuk meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Meningkatnya proses metabolisme ditandai dengan keluarnya glukosa yang terdapat dalam makanan melalui proses metabolisme. Menurut hasil penelitian di Thailand, beberapa pasien diabetes yang sudah diberi ramuan traditional brotowali secara rutin sudah mengalami penurunan kadar gula secara drastis. Bagian tanaman yang paling  berkhasiat untuk menurunkan kadar gula dalam darah adalah batang dan akar. Cara membuat ramuannya pun sangatlah mudah. Rebus batang dan akar tanaman Brotowali dengan air kemudian air rebusan tanaman brotowali tersebut diminum secara rutin setiap hari. Tanaman herbal sangat aman untuk dikonsumsi secara rutin karena tidak mengandung racun.

Gymnema Syvestre

Tanaman Gymnema Syvestre mirip sekali dengan tanaman sirih yang bersifat merambat. Pada umumnya Gymnema Syvestre tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia terutama di hutan tropis. Jika kita amati sesaat, ada sedikit perbedaan anatomi tubuh tanaman ini jika kita bandingkan dengan tanaman sirih yang kita lihat sehari-hari. Tanaman Gymnema Syvestre mempunyai bentuk daun yang berbentuk elip dengan bunga berwarna kuning yang berbentuk lonceng. Daun dan akarnya mengandung zat aktif gymnemic yang berfungsi untuk menurunkan dan menormalkan kadar gula dalam darah. Bentuk molekulnya mirip dengan molekul glukosa yang bisa diserap langsung oleh sel-sel usus sehingga dapat mencegah penyerapan kembali molekul-molekul glukosa yang melewati lapisan usus. Selain berfungsi sebagai pengganti molekul glukosa yang terdapat dalam makanan, fungsi lain dari Gymnema Syvestre adalah membantu organ pankreas untuk menghasilkan hormon insulin sehingga kadar gula dalam darah bisa dikontrol dengan baik. Oleh karena itu obat herbal ini merupakan cara mengobati diabetes tipe 2 yang sangat efektif dan aman untuk tetap menjaga kadar gula dalam darah dan untuk menjaga fungsi pankreas agar hormon insulin yang dihasilkan tetap baik cukup.

Dengan mengkonsumsi tanaman-tanaman herbal di atas,  penyakit diabetes melitusakan sembuh dengan sempurna. Selain rutin mengkonsumsi obat-obat herbal tersebut, alternative cara mengobati diabetes adalah dengan menjaga pola hidup sehat seperti menjaga pola makan dan rutin berolahraga.
Title: Bahan Alami Yang Bermanfaat Mengatasi Diabetes; Written by rumputhijau; Rating: 5 dari 5

1 comment: