Tuesday, November 27, 2012

Cari Tahu Manfaat Adas

Cari tahu manfaat adas yuk ..!.Tak kenal maka tak sayang,begitulah pepatah yang sering kita dengar.Begitupula dengan tanaman adas,tanaman dengan nama ilmiah Foeniculum Vulgare Mill ini biasa ditanam pada daerah subur dan udara yang sejuk.

Daun adas bisa dijadikan sebagai sayuran.Namun bagian yang sering digunakan ialah buahnya.Buah adas memiliki rasa manis pedas berbau aromatik dan bersifat menghangatkan.

Buah adas digunakan untuk bumbu sekaligus sebagai obat tradisional yang sudah dikenal oleh masyarakat di berbagai negara.


Sifat kimiawi dan farmakologis buah adas : buah masak mengandung bau aromatik, rasa sedikit manis, pedas, hangat, masuk meridian hati, ginjal, limpa, dan lambung.

Kandungan kimia buah adas :  mengandung minyak asiri (Oleum Foeniculi) 1 - 6%, mengandung 50 - 60% anetol, lebih kurang 20% fenkon, pinen, limonen, dipenten, felandren, metilchavikol, anisaldehid, asam anisat, dan 12% minyak lemak. Kandungan anetol yang menyebabkan adas mengeluarkan aroma yang khas dan berkhasiat karminatif. Akar mengandung bergapten. Akar dan biji mengandung stigmasterin (serposterin).

Berikut sebagian penggunaan buah adas secara tradisional untuk membantu mengatasi berbagai keluhan kesehatan :

1. Sariawan
Cuci bersih 15g buah adas dan 15 g kuit kayu manis yang telah ditumbuk halus. Rebus semua bahan dalam 4 gelas air. Masukan kedalamnya 10g kunyit yang telah diiris tipis-tipis. Setelah tersisa 2 gelas dinginkan. Lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas. Ulangi pengobatan secara rutin selama 7 hari.




2. Batu empedu
Cuci 5g buah adas kering, seduh dengan 1 gelas air lalu dinginkan. Minum sekaligus 1 gelas sehari.

3. Impoten
Campur 10g adas, 25g pulosari, 10g bawang putih, 25g merica dan 25g kunyit jadi satu. Tumbuk halus bahan-bahan tersebut lalu tambahkan air panas secukupnya sehingga membentuk larutan. Tambahkan 1 sendok makan madu murni, 2 butir kuning telur ayam kampung, laluaduk sampai rata. Minum larutan 2-3 jam setelah makan malam dan lakukan 1 kali sehari selama 1 bulan.

4. Mencegah tumor dan kanker
Cuci bersih 5g buah adas, 100g akar alang-alang, dan 1-2 batang benalu teh. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas lalu dinginkan. Saring air rebusannya lalu minum 2 kal sehari masing-masing 1/2 gelas.

Title: Cari Tahu Manfaat Adas; Written by rumputhijau; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment