Wednesday, August 15, 2012

Kegunaan Seledri

Kegunaan Seledri - Bagi sebagian orang mungkin mengenal seledri hanya sebatas sebagai sayuran.Tahu kah Anda bahwa seledri juga berkhasiat sebagai obat,diantaranya sebagai peluruh kencing dan menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.Tumbuhan ini dikenalkan oleh orang asing yang datang ke indonesia yaitu orang belanda, Seledri ini biasa digunakan oleh orang indonesia untuk makanan seperti sup, bakso atau digunakan sebagai bahan makanan untuk lalapan. Aroma baunya yang khas dan baunya yang harum, membuat orang tertarik untuk menjadikannya sebagai bumbu masakan penyedap rasa.Tetapi seledri juga dapat berpotensi mengakibatkan alergi pada bagi beberapa orang yang peka terhadap tumbuhan ini diantaranya yaitu bagi penderita radang ginjal yang tidak di bolehkan untuk mengonsumsinya.

 
Nama umum : Seledri

Nama latin : Apium graveolens L.

Nama daerah : Seledri, saladri, sadri, sederi, seldri, daun sop, daun soh.

Habitat : Semak, tinggi lebih kurang 50 cm, ditanam disawah dan ladang yang tanahnya lembab.

Batang : Tidak berkayu, bersegi, beralur, beruas, bercabang tegak, bewarna hijau pucat.

Daun : Berpangkal pada batang dekat tanah, berbentuk lekuk tangan, baunya khas. Anak daun 3-7 helai, pangkal dan ujungnya runcing, tepi bergerigi, panjang 2-7,5 cm, lebar 2-5 cm, berwarna hijau.

Bunga : Bewarna hijau, majemuk, berbentuk payung, tangkai 2 cm, jumlah kelopak delapan sampai 12 helai, berbenang sari lima, berlepasan, berselingan dengan mahkota berbagi lima, bagian pangkal berdekatan.

Akar : Tunggang, putih kotor.

Khasiat : Untuk obat masuk angin, tekanan darah tinggi , dan penghilang rasa mual 

Kandungan kimia : Daun mengandung saponin,flavonoid, dan politenon, protein, belerang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1,dan C.

Kegunaan Seledri untuk mengobati beberapa penyakit :
1.   Kegunaan Seledri Untuk Menyuburkan Rambut
Caranya: Cuci 7-10 tangkai daun seledri sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Setelah dikeramas, gosokkan tumbukan daun seledri ke kulit kepala dan rambut secara merata sambil dipijat ringan. Setelah selesai, bungkus rambut dengan handuk selama kurang lebih 1 jam. Bilas rambut dengan air bersih. Lakukan seminggu sekali.

2.    Kegunaan Seledri Untuk Menurunkan Kolesterol
Caranya: Cuci 30 gram akar seledri sampai bersih, lalu rebus dalam 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Airnya diminum sekaligus.

3.   Kegunaan Seledri Untuk Mengatasi Alergi
Caranya: Ambil 2 batang seledri, 3 buah wortel ukuran sedang, dan 1 buah umbi bit ukuran sedang, cuci bersih, lalu dijus. Minum jus tersebut sekaligus waktu perut kosong. Lakukan dua kali sehari.

4.    Kegunaan Seledri Mengurangi Kolik dan Sakit Perut
Caranya: Sediakan 60 gram seledri segar, 1 ruas jari tangan jahe merah, dan sepotong gula aren. Rebus dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring, airnya diminum sekaligus.

5.    Kegunaan Seledri UntukMeredakan Batuk
Caranya: Cuci 30 gram seledri segar, lalu potong-potong. Rebus dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Bila suka, tambahkan madu. Gunakan ramuan ini untuk dua kali minum, pagi dan sore.

6.    Kegunaan Seledri Untuk Mengobati Bronkitis
Caranya: Cuci 60 gram seledri segar, 10 gram kulit jeruk mandarin kering, dan 25 gram gula aren hingga bersih. Setelah dipotong-potong, masukkan ke dalam panci email, tambahkan 3 gelas air bersih dan rebus hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, saring dan airnya dibagi untuk dua kali minum, pagi dan sore.7.    Menurunkan Tekanan Darah
Caranya: Cuci 100 gram seledri seutuhnya sampai bersih, lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan 1 cangkir air hangat, lalu disaring. Setelah dingin, bagi untuk dua kali minum, pagi dan siang.

8.    Kegunaan Seledri Untuk Mengatasi Mata Kering
Caranya: Makan daun seledri sebagai lalap segar. Lakukan setiap hari.

9.    Kegunaan Seledri Untuk Mengobati Rematik
Caranya: Cuci 30-40 lembar daun seledri, lalu siram dengan air panas. Makan sebagai lalapan. Lakukan dua kali sehari.

Semoga info kesehatan kegunaan seledri ini bermanfaat bagi Anda :)
Title: Kegunaan Seledri; Written by rumputhijau; Rating: 5 dari 5

1 comment: