Saturday, August 11, 2012

Agar Anak Sehat

Agar Anak Sehat  - Pada artikel kesehatan anak ini saya ingin membahas sedikit tips agar anak sehat.Terkadang orangtua yang  terlalu sibuk dengan pekerjaan mengabaikan masalah kesehatan anak seperti mengajak anak untuk berolahraga misalnya.Begitupula gaya hidup orangtua yang suka "jajan" dengan makanan "junk food akan menjadi permasalahan tersendiri bagi  kesehatan anak di kemudian hari.
Untuk itu sebagai orangtua hendaknya memberikan contoh yang baik untuk menerapkan gaya dan pola hidup sehat dalam sehari-hari seperti berikut ini :
 
1. Menjadi contoh yang baik
Anda harus menjadi contoh yang baik si kecil. Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti makan sambil menonton televisi, banyak meminum soda, dan mengkonsumsi makanan cepat saji secara sering.

2. Jangan manjakan anak dengan barang elektronik
Orangtua sudah sepatutnya mengatur jadwal anak-anak. Namun semuanya harus dibicarakan terlebih dulu kepada mereka.
Batasi pengkonsumsian barang elektronik seperti televisi, komputer, atau bermain video game yang dapat membuatnya malas untuk aktif bergerak. Hal-hal tersebut dapat diganti ke dalam bentuk permainan yang dapat membantu perkembangan tubuh anak, seperti bermain di taman belakang rumah misalnya.

3. Ajarkan memilih makanan sehat
Akhir-akhir ini sering diberitakan akan banyaknya kandungan yang berbahaya dari jajanan yang dijajakan di pinggir jalan maupun sekolah-sekolah. Untuk menghindari anak Anda mengkonsumsi jenis makanan seperti itu, ada baiknya Anda mengenalkan makanan tidak sehat beserta kandungan buruk yang dapat merusak kesehatan.

4. Siapkan bekal makanan
Jenis jajanan yang beraneka ragam membuat siapapun akan tergiur untuk mencicipinya, apalagi anak-anak yang belum memahami kandungan buruk yang terdapat dalam makanan tersebut.
Agar anak sehat dan terhindar dari jajanan siapkanlah bekal makanan sehat dari rumah, pastikan jenis bekal makanan bervariasi dan menarik perhatian sehingga anak tidak bosan dan lebih memilih untuk jajan di luar. Dalam hal ini kreatiVitas Anda dalam mengolah makanan akan diuji. Ayo berburu resep sehat yang menarik perhatian anak.

5. Buat jadwal olahraga rutin
Olahraga bukan hanya milik orang dewasa. Anak-anak meski aktif bergerak juga membutuhkan olahraga yang benar sehingga tubuh mereka tetap bugar dan terhindar dari beragam penyakit.Seperti berjalan-jalan di sore hari,atau jogging di hari libur bersama-sama.Atau bisa juga dengan liburan yang menuntut fisik seperti outbond atau naik gunung misalnya.
Sekian sedikit tips agar anak sehat.semoga bermanfaat bagi Anda dan salam sehat :)
Title: Agar Anak Sehat; Written by rumputhijau; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment